Resep Membuat Olos Khas Tegal

Resep Membuat Olos Khas Tegal - Jika sebelumnya kita sudah membuatkan salah satu kuliner khas Tegal yang terkenal dimana-dimana mirip Resep Membuat Tahu Pletok Komplit Sambal Enak. Pada potensi kali ini masih tentang kota Tegal kita akan membagikan satu lagi resep kudapan yang yummy dan enak. Bernama Olos, masakan asli khas Tegal ini termasuk dalam kategori primadona masakan dari Tegal. Rasanya yang gurih ringan dengan isian super pedas merupakan salah satu ciri dari olos alias aci goreng isi khas Tegal.


Jika anda belum mengenal olos, olos adalah salah satu penganan tradisional khas Tegal yang yang dibuat dari tepung aci atau tepung kanji yang dikombinasikan dengan tepung terigu kemudian diberi isian tumisan sayuran. Isian tumisan tersebut bisanya terbuat dari irisan sayuran kol yang dipotong tipis layaknya irisan kol untuk menciptakan bakwan goreng atau bala-bala ala sunda dan irisan cabe rawit. Terkadang juga diberi irisan daun bawang dan wortel untuk menambah kombinasi sayuran dan rasa gurih yang lezat.

Untuk membuat olos orisinil Tegal lazimnya para pedagang memakai tepung aci berbumbu khas Tegal. Tepung aci berbumbu khas Tegal ini yang biasanya dipakai untuk menciptakan gabungan cimol (aci di gemol), tahu pletok, cireng, cilok dan aneka olahan dari aci lainnya. Tepung aci berbumbu memang memiliki keunggulan dari tepung aci yang beredar diluaran sebab teksturnya super lembut nyaris sama seperti tepung yang dibuat untuk menciptakan cireng salju sambal rujak. Nah, alasannya tidak siapa saja mampu mendapatkan tepung aci berbumbu khas Tegal, maka dalam Resep Membuat Olos Khas Tegal ini kita cukup menggunakan tepung aci/tapioka biasa yang di tambahkan dengan tepung terigu.

Cara membuat olos khas Tegal sesungguhnya sungguh gampang dan simpel. Namun ada beberapa kiat yang mesti diperhatikan untuk hasil olos pedas super lezat dengan tekstur yang lembut kenyal dan tidak alot. Diantara lainnya yaitu jangan menggoreng olos terlalu usang semoga kulit luar olos tidak keras. Anda cukup menggorengnya sebentar saja, terus di putar-putar didalam minyak sampai merata sampai olos mengambang dan mengapung. Bila telah dalam keadaan seperti ini secepatnya angkat olos lalu tiriskan. 

Agar olos matang tepat alias tidak setengah matang dan anda ingin mengetahui kalau olos sudah matang caranya cukup gampang. Anda cukup menyaksikan daun bawang dan kol yang dikulit, jikalau sayuran tersebut sudah berwarna kecoklatan langsung secepatnya angkat. Olos rumahan ala tegal pun sudah siap untuk dikonsumsi selagi hangat dengan ditemani sambal kacang selaku pelengkapnya mirip sajian batagor. Sajikan bareng minuman hangat seperti kopi dan teh untuk teman berleha-leha bersama keluarga tercinta dirumah.

Oh iya, untuk cabai rawit selain dipotong-iris tipis, cabe rawit bisa juga di ulek bernafsu atau dibiarkan utuh. Untuk olos dengan ulekan cabai biasanya buat anda yang suka pedas layaknya tahu isi, tahu jletot atau tahu mercon. Sedangkan untuk olos yang diisi cabai rawit utuh mirip ranjau adalah olos untuk anda yang tidak senang terlalu pedas. Kaprikornus anda mampu pisahkan antara olos pedas dengan olos tidak pedas.

Berikut kami ulas secara lengkap untuk anda Bahan-bahan dan Resep Membuat Olos Khas Tegal seperti berikut ini. selamat mencoba :)

Resep Membuat Olos Khas Tegal

8 Resep Jus Terapi Berbagai Penyakit yang wajib untuk dicoba. Terimakasih telah membuka harianresep.blogspot.com supaya berfaedah dan membantu anda untuk menciptakan olos yang enak, gurih dan enak pribadi dari dapur tersayang anda dirumah. bye :)

0 Response to "Resep Membuat Olos Khas Tegal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel