Resep Papeda Kuah Kuning Papua

Resep Papeda Kuah Kuning Papua - Papeda ialah salah satu kuliner berupa bubur sagu yang khas dari Maluku dan Papua. bubur sagu dengan ciri khas kental, lengket dan warna mirip lem ini biasanya ditemukan di kawasan Indonesia Bagian Timur. banyak masyarakat disana pada umumnya lebih menyebabkan sagu selaku kuliner pokok, meskipun lebih banyak didominasi Indonesia menggunakan bahan pokok beras. papeda atau bubur sagu dibentuk dengan cara melarutkan tepung sagu dengan air panas lalu di aduk-aduk sampai menggumpal.



Di Papua, tepung sagu biasanya di mampu dari cara memangkas pokok sagu, kemudian bab bonggolnya diperas hingga sari patinya keluar. ini yang menjadi materi baku sagu yang dapat dimasak menjadi aneka masakan khas suku Dani. jika tidak salah Suku Dani ini tinggal di Lembah Baliem. sebelum di olah menjadi masakan khas Papua dan Khas Maluku, sari pati sagu murni biasanya disimpan di dalam alat yang bernama tumang.

Papeda Papua yang terbuat dari tepung sagu orisinil tanpa ada campuran bahan lain kecuali air menciptakan papeda tidak memliki rasa sama sekali alias tawar. dengan ini bubur sagu papeda terkadang disajikan bareng aneka masakan kuah sedap berbumbu. misalnya mirip sup atau gulai ikan kuah gurih pedas yang terbuat dari ikan tuna, ikan tongkol, ikan kakap merah, ikan makerel atau ikan mubara. sup ikan yang menggunakan bumbu rempah asli Indonesia seperti kunyit dan sahabat-temannya membuat sup mempunyai citarasa sedap dengan warna kuah kuning yang menggoda.

Hidangan Papeda Khas Papua yang dihidangkan dengan sup ikan kuah kuning terkenal dengan nama Papeda Kuah Kuning Papua serta Maluku. supaya kuah kuning sup ikan terasa lebih enak dan lezat, selain memakai bumbu rempah yang cukup komplit. untuk mendapatkan rasa asam segarnya, lazimnya banyak masyarakat yang mengucurkan air jeruk nipis ke dalamnya. kalau tidak ada jeruk nipis, anda bisa mengubahnya dengan belimbing wuluh, tomat mudan, air asam jawa serta cuka masak biasa. 

Cara Membuat Papeda Kuah Kuning Papua tentu saja cukup gampang dan tidak sukar. bumbu sup ikan memakai bumbu rempah yang simple, mudah dan sederhana seperti masyarakat setempat papua yang ramah dan dekat. namun rasa papeda kuah kuning Papua ini sungguh yummy dan makyus. tetapi bagi anda yang tidak sudah biasa menikmati bubur sagu papeda yang terasa seperti lem maka anda dapat memakan sup ikan kuah kuning dengan nasi putih hangat. mantap!!

Menikmati sebuah masakan papeda kuah kuning Papua mampu dibilang menjadi PR buat anda yang tidak pernah menyantapnya. teksturnya yang lengket seperti lem sangat sulit untuk disantap dengan sendok makan biasa. butuh teknik khusus untuk mampu menyendokkan papeda ke verbal. dan biasanya masyarakat Indonesia Bagian Timur memakai sumpit kayu untuk mengambil papeda.

Menikmati papeda dengan sumpit kayu caranya dengan melilitkan bubur sagu dengan cepat lalu secepatnya disantap. atau cara termudahnya adalah dengan menyeruput bubur papeda langsung dari tepi piring. itulah sedikit deskripsi mengenai papeda, berikut kami ulas Bahan-materi dan Cara Membuat Papeda Kuah Kuning yang layak untuk dicoba dirumah.


Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka. oh iya, untuk Resep Papeda rumahan ini kita menggunakan ikan kakap merah. tetapi anda mampu menggantinya dengan aneka ikan lainnya seperti Ikan Kerapu, Ikan Bawal, Ikan Ekor Kuning, Ikan Kembung, atau aneka ikan yang lain yang sudah kami sebutkan diatas. 

Selain dihidangkan dengan sup ikan kuah kuning, papeda mampu dicicipi dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda serta cabai merah. papeda yang mengandung serat, rendah kolesterol dan cukup nutrisi di yakin mampu menghilangkan penyakit kerikil ginjal sebab sifat papeda yang mampu membantu memberihkan organ-organ di dalam tubuh manusia. selain cantik di konsumsi bagi pelaku diet sehat, papeda juga di anjurkan di konsumsi bagi perokok sebab papeda juga mampu membersihkan paru-paru secara perlahan. 

Waw, selain enak ternyata papeda mempunyai kaya faedah bila di konsumsi dengan tepat ya. demikian yang mampu kami sampaikan perihal artikel Resep Papeda Kuah Kuning Papua. buka juga resep yang lain dari kami mirip Resep Ayam Tinoransak Khas Manado. terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, supaya Resep Papeda yang kami bagikan menolong dan bermanfaat.

0 Response to "Resep Papeda Kuah Kuning Papua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel